Hadist hari ini

Tentang 'Ilmu)

Dari Mu'awiyah Radiallahu anhu bahwasanya Rasulullah sholallahu'alaihi wassalam bersabda : "Barang siapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan untuknya, Allah akan menjadikannya faham akan agama. Aku hanya penyampai dan Allah yang memberikannya. Umat ini akan senantiasa lurus hingga hari kiamat atau hingga datangnya perintah Allah". (HR BUKHARI, Kitabul Ilm, no. 71, dan MUSLIM, Kitab Zakat, no. 2387-23-89)
  • Sponsor

    banner ad banner ad Positive Thinking Pasang Iklan
  • Jumat, 16 Agustus 2013

    Membangun Jiwa dan Semangat Wirausaha


    Membangun Jiwa dan Semangat Wirausaha
    Oleh Suhendi, S.Sos.,MM
    Berwirausaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun harus siap menjalani berbagai tantangan. Tidak sedikit orang yang berhenti menjadi wirausahawan dan lebih suka melamar pada sebuah perusahaan untuk bekerja menjadi karyawan dengan gaji yang aman dan rutin setiap bulan, karena mental yang lemah dalam menghadapi tantangan ini.
    Berbagai tantangan harus siap kita hadapi. Misalnya, penghasilan yang tidak tetap dan kecil, sementara kebutuhan hidup tanpa ampun menyerang dari segenap penjuru. Kitapun dihantui rasa tidak aman dalam berwirausaha. Juga godaan untuk tidak berkomitmen dalam berwirausaha. Itu semua hanyalah godaan. Di sisi lain, masyarakat Indonesia kurang mampu dalam berinovasi dan berkreativitas menjadi salah satu penyebab banyaknya usaha yang bangkrut, padahal modal sudah tersedia.
    Berwirausaha memang tak cukup hanya bermodalkan rasa ingin belaka. Berwirausaha harus merupakan pilihan, lalu menetapkan langkah pasti dan teguh dalam menjalaninya. Idealnya, komitmen dan konsistensi itu harus terus dijaga apapun ujiannya, apapun godaannya, dan apapun hasilnya. Apalagi tingkat persaingan usaha dan perilaku pasar semakin dinamis. Wirausahawan harus memiliki keyakinan, cita-cita untuk menjadi besar diawali dengan langkah-langkah kecil.

    Berwirausaha dalam Pandangan Islam

    Dalam Islam, berwirausaha merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena keberadaannya sebagai khalifah fil-ardh  untuk memakmurkan bumi dan membawanya ke arah yang lebih baik. Dalam surat Al-Jumu’ah [62] : 10 “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan banyak-banyak mengingat Allah supaya kamu beruntung”.
    Rasulullah dikenal sebagai pribadi yang terus mendorong semangat wirausaha di kalangan para sahabat-sahabatnya. Pada suatu ketika, Sa’ad bin Musa Al-Anshari menuturkan sebuah kisah, bahwa pada waktu Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam baru kembali dari Perang Tabuk, beliau melihat tangan Sa’ad yang melepuh. Kulitnya gosong kehitam-hitaman karena diterpa sengatan matahari. “Kenapa tanganmu?” tanya Rasulullah. “Karena aku mengolah tanah dengan cangkul ini untuk mencari nafkah keluarga yang menjadi tanggunganku”  Rasulullah lalu mengambil tangan Sa’ad dan menciumnya seraya berkata, “Inilah tangan yang tidak pernah disentuh api neraka, Dalam riwayat yang lain, setelah mencium tangan pekerja, beliau bersabda, “Hadzihi yaddun yuhibuhallahu wa Rasuuluhu” inilah tangan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya. “ (HR At-Thabahari)
    Rasulullah pernah menjalani hidup dalam masa-masa sulit, tapi beliau punya semangat untuk berkembang, kreatifitasnya, usahanya untuk hidup mandiri yang merupakan karakter dasar jiwa wirausaha.
    Kejujuran beliau, pribadi beliau yang menyenangkan, juga ketekunan beliau. Semua itu merupakan modal yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Apa yang dimiliki Rasulullah ini, dalam dunia bisnis, biasa disebut sebagai personality.
    Dua puluh lima tahun lamanya Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wasallam mendedikasikan diri pada dunia wirausaha, semenjak beliau baru berusia 12 tahun hingga 37 tahun. Selama itu, kecerdasan, ketekunan, keuletan dan kejujuran telah menempatkan Muhammad shallallahu ’alaihi wasallam sebagai wirausahawan yang disegani di Jazirah Arab.

    Menumbuhkan wirausaha

    Dalam berbagai pelatihan dan seminar, Ir. Ciputra selalu mengajukan tujuh macam pertanyaan mendasar untuk membangun dan memicu jiwa kewirausahaan.
    1. Apakah Anda berhasrat besar menjadi seorang entrepreneur? Anda dapat memberikan pernyataan-pernyataan utuk dapat meyakinkan orang lain bahwa Anda benar-benar memiliki hasrat besar untuk menjadi wirausahawan.
    2. Apakah Anda melihat kesempatan besar untuk melayani pasar? Apakah kita melihat sebuah peluang besar yang belum dilakukan orang lain?
    3. Apakah Anda punya produk inovatif yang sulit ditolak oleh prospek Anda? Apa “kuda Troya” Anda?
    4. Apakah Anda mampu memenangkan persaingan secara efektif? Jadilah yang lebih baik bukan hanya di barisan belakang. Jika Anda tidak dapat menjadi lebih baik, ciptakan perbedaan.
    5. Apakah Anda bisa menghasilkan produk dan memasarkannya dengan cara yang paling efisien? Sebagian kecil orang membeli karena mahal. Sebagian besar orang membeli karena murah.
    6. Apakah Anda tahu cara mendanai ide usaha baru Anda dengan biaya termurah, resiko terendah dan hasil yang terbaik? Misalnya dengan: modal sendiri, mitra, bank, modal ventura, atau mencicil?
    7. Apakah Anda siap menghadapi tuntutan kerja keras, berani menanggung resiko gagal dan rugi? Perlu juga disiapkan mentalitas, bahwa sukses dan gagal memiliki nilai yang sama.
    Ketujuh pertanyaan di atas meruapakan pelajaran untuk mengembangkan jiwa dan semangat entrepreneurship yang secara terus menerus harus kita kembangkan.

    Budaya

    Wirausaha membutuhkan suatu skill untuk menjalankan usahanya. Skill tersebut bisa berupa cakap menjual dan integritas yang tinggi. Selain itu harus juga mempunyai sikap ulet, gigih, pandai, disiplin, pantang menyerah, dan mempunyai pikiran yang terbuka.
    Sepengetahuan penulis, sikap seseorang bisa terbentuk karena pengaruh budaya di mana dia hidup dan berkembang. Jadi sikap seseorang dan skill seseorang bisa terpengaruh dari kebudayaan dimana orang tersebut tinggal.

    Upaya Pemerintah

    Joseph Schumpeter dalam bukunya, The Theory of Economic Development mengatakan, sebuah kebutuhan dasar bagi bangkitnya pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu sumbangsih para entrepreneur. Jadi, keberadaan para entrepreneur pada suatu negara akan mampu menumbuhkan perekonomian negara tersebut.
    Indonesia membutuhkan sekitar 2,5% wirausaha, namun pada kenyataannya saat ini hanya ada sekitar 0,08% wirausaha yang memberanikan diri untuk terjun dalam dunia usaha.  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk menumbuhkan para wirausahawan ini. Pertama, memberikan modal usaha bagi para pengusaha (terutama para pengusaha muda) dan pendampingannya. Kedua mempermudah izin bagi yang akan mendirikan usaha. Ketiga, dimasukannya kurikulum berbasis soft skills dan entrepreneurship dalam pelajaran sekolah untuk segala jenjang pendidikan. ***

    Penulis, dosen di Stikom Bandung dan Pemerhati Manajemen SDM.

    Sumber: Majalah Pengusaha Muslim Cetak Edisi September 2010

    2895 komentar:

    nurya mengatakan...

    sebagai pengusaha muslim harus patuh terhadap aturan islam, supaya rizki yang dapatkan berkah
    makasih artikelnya . jadi inspirasi

    elrahmat mengatakan...

    Betul gan nabi kita saja pedagang sukses kenapa umatnya tidak ?

    obat kanker kolon herbal mengatakan...


    makasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali

    Unknown mengatakan...

    Infonya bikin smangat nih..mabtab

    Master reseller Hosting Murah
    Wisata Pantai di Bali
    Tempat Wisata di Bandung
    Manfaat Buah Sirsak
    Manfaat Buah Pisang

    Positive Thinking mengatakan...

    Wah simasnya pandai berbisnis juga ya

    Positive Thinking

    pembesar mengatakan...

    makasih atas infonya...

    jual beli aman dan terpecaya mengatakan...

    wahh infonya bermanfaat nih.. thx admin. ^_^

    Aisha Herbals mengatakan...

    mantap,,,pagi-pagi baca ini,,,hemmh :)
    thanks buat pencerahannya

    kimia tambang emas mengatakan...

    bagus...makasie atas infonya

    Lyricconnect mengatakan...

    saya sampe sekarang punya mimpi jadi seorang wirausaha bro, dan sekarang baru merintis

    Program Apotek mengatakan...

    infonya sangat memotivasi..
    terimakasih..

    DokterGaul mengatakan...

    terimakasih telah menggunakan fitur dofollow gan :D

    Obat pelangsing badan cepat mengatakan...

    salam sehat

    Obat herbal pelangsing aman mengatakan...

    keren bngt

    Pusat obat pelangsing herbal aman mengatakan...

    infromasinya beguna sekali

    world sliming capsul mengatakan...

    terimakasih telah berbagi infromasi

    Obat pelangsing tubuh paling aman mengatakan...

    terimakasih sangat bermanfaat sekali

    okevision jogja mengatakan...

    keren

    Icah Banjarmasin mengatakan...

    Artikel yang begini yang paling saya suka terima kasih bang Suhendi.

    supplierherbalsurabaya mengatakan...

    memang benar, kita hidup didunia ini tidak hanya untuk ibadah saja. akan tetapi kita juga perlu berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi kehidupan kita sehari-hari. karena rezeki itu tidak akan datang sendiri.

    Program Apotek mengatakan...

    postingan yang bagus..

    Tas Import Branded Murah mengatakan...

    Jiwa dan semangat kewirausahaan memang harus dikobarkan di negeri ini agar negeri bisa menjadi lebih makmur. Setidaknya negeri ini memerlukan wirausahaan setidaknya 2 persen agar perekonomian negara terus maju

    Tedi Supriyadi mengatakan...

    tertarik untuk berwirausaha :)

    jual obat bius mengatakan...

    trimakasih artikelnya gan

    s^3 mengatakan...

    muy bien article, good

    dian mengatakan...

    coba sya amalkan

    harga mesin mengatakan...

    berwirausaha emang menyenangkan

    JAKET KULIT mengatakan...

    Allhamdullillah terima kasih pak salam hormat dan kenal

    linlin mengatakan...

    Alhamdulillah artikel ini sangat memberi semangat, khususnya untuk saya. Terimakasih

    Supplier Herbal Jakarta mengatakan...

    sudah saatnya bangsa ini di tumbuhi orang-orang berjiwa entrepreneurship, dan saatnya umat islam untuk bangkit dari keterpurukan dan menjadi kuat iman dan aqidahnya.

    Supplier Herbal Tulungagung mengatakan...

    bagus nih, enterpreneurship memang sudah seharusnya di tanamkan di setiap individu , agar SDM di indonesia semakin maju dan berkembang

    faizin mebel mengatakan...

    doa saya semoga saya bisa menjadi wirausaha yang sukses dunia akhirat

    Menjejak Dunia mengatakan...

    sudah saatnya bangsa ini di tumbuhi orang-orang berjiwa entrepreneurship, bukan untuk kebaikan individu semata tapi dengan niat yg tulus Insya Allah jg akan berdampak baik bagi sekitar. amin

    obat alami benjolan dizakar mengatakan...


    makasih infonya sangat bermanfaat sekali...

    obat penambah nafsu makan anak mengatakan...

    daftar backlinknya sangat bagus, makasih infonya
    semoga sukses saja

    OBAT PENYAKIT AMBEIEN mengatakan...

    Makasih gan buat ilmunya,,, akan saya amalkan.. :D

    duit gratis mengatakan...

    hadir dan di tunggu kehadirannya

    deflecta mobil mengatakan...

    Kata-kata motivasi yang bagus.

    Sharing Gadget Information mengatakan...

    intinya kita harus bertawakal kepada allah , agar rizki menjemput kita.... amin

    Teknogers Blog mengatakan...

    membacanya jadi tergetar, alhamdulilah

    Download Lagu Dan Mp3 Barat mengatakan...

    Sebagai Umat muslim juga harus berdoa dan terus berdoa juga agar rizki kita dimudahkan oleh ALLAH SWT

    obat alami varises ibu hamil mengatakan...

    makasih infonya sangat bermanfaat

    Echa mengatakan...

    Makasih mas atas share nya...

    Daily Blogger Pro mengatakan...

    Berwirausaha memang merupakan kegiatan yang mulia dan mandiri karena selain untuk membiayai kehidupan kita hal itu juga berguna untuk masa depan kita, namun perlu kerja keras dan persisten dalam menekuninya. Salam blogger.

    www.dailybloggerpro.blogspot.com

    NGAGE4ALL mengatakan...

    Artikel yang menarik sekaligus menginspirasi kaula muda untuk berwirausaha. terimakasih atas artikelnya yang bermanfaat gan. :)

    Obat Diabetes Kering mengatakan...

    Makasih buat sharenya, bermamfaat sekali nih

    Obat herbal migren mengatakan...

    wah artikel baru nih gan setelah lama ngga update.

    Obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

    mantap juga nih artikel nya...
    thanks yah gan.

    Obat herbal penyakit keputihan mengatakan...

    Semoga yang baca artikel ini bisa lebih bersemangat dalam berwira usaha.

    Obat herbal kanker prostat mengatakan...

    Artikel yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    Cara menurunkan berat badan mengatakan...

    wajib kerja keras

    Obat pelangsing tradisional cepat mengatakan...

    luar biasa sekali infonya gan

    Obat herbal pelangsing badan mengatakan...

    infonya sanat bermanfaat sekali

    Obat pelangsing badan cepat mengatakan...

    terimakasih telah berbgai

    Testimoni pengguna wsc biolo mengatakan...

    saya baca artikelnya dengan seksama.. sungguh luar biasa

    Obat tradisional pelangsing badan mengatakan...

    mantap informasinya gan

    Wsc obat pelangsing tubuh mengatakan...

    keren sekali

    Cara membakar lemak dengan cepat mengatakan...

    terimakasih atas semua informasi yang di tuangkan dalam artikel ini gan

    world sliming capsul mengatakan...

    sungguh luar biasa sekali pelajaran yang di petik setelah membaca artikel ini

    Obat pengecil perut alami cepat mengatakan...

    artikel luar biasa

    obat herbal sinusitis mengatakan...

    info yang bagus dan manarik

    Hidup Alami mengatakan...

    Subhanallah.. sungguh bermanfaat

    Sabun Susu mengatakan...

    Peran Entrepreneur memang penting untuk pembangunan negara ini

    obat peninggi badan mengatakan...

    makasih atas infonya gan...

    Anonim mengatakan...

    makasih atas infonya gan...

    baju distro bandung murah rock theory mengatakan...

    Subhanallah.. sungguh bermanfaat semangat untuk berwira usaha

    BBQ Karimah mengatakan...

    2010 Wirasusaha Indonesia baru 0,08%, sekarang 2013 kira-kira sudah naik menjadi berapa persen ya?

    Obat Sembelit Untuk Bayi mengatakan...

    Subhanallah, sungguh bermamfaat sekali informasi yang anda sampaikan

    Unknown mengatakan...

    subhanallah. Terima kasih gan bermanfaat banget buat ane

    kunjungi juga ya info seru

    obat alami benjolan dibelakang telinga mengatakan...

    makasih informasinya sangat bermanfaat

    ami mengatakan...

    informasinya luar biasa sangat bermanfaat sekali...
    Banyak sekali ilmu pengetahuan yang saya dapatkan
    Terimakasih banyak atas informasinya ...
    Semoga semakin sukses

    cara membuat blog mengatakan...

    Terimakasih atas informasinya gan, memang wirausaha adalah impian banyak orang, tapi tidaklah mudah menjadi wirausahawan, salam kenal

    JASA KURIR TOP MURAH mengatakan...

    Sebagai seorang muslim, tentunya kita wajib mengetahui kaidah-kaidah hukum Islam dalam berumuamalah, sebab jika tidak kita akan sangat mungkin terlibat dengan riba dan transaksi-transaksi haram lainnya.

    Salam kami, Jasa Kurir Top Murah
    dan
    Jasa Katering Nasi Kotak Murah :)

    Arif Rachman Hakim mengatakan...

    wow,,bermanfaat klo ada waktu kunbal ya http://se0bloging.blogspot.com/

    Supplier Herbal Sidoarjo mengatakan...

    subhanallah,...
    memang luar bisa islam mengatus semuanya
    trima kasih infonya, saya tunggu artikel berikutnya,..
    good jobs..

    Program Cara Cepat Hamil mengatakan...

    memang harus diperlukan Ganbatte untuk bisa sukses di wirausaha. salam Ganbatte :)

    Menurunkan Berat Badan mengatakan...

    ass wr wb, salam sukses selalu

    Memperbesar Vital mengatakan...

    semoga jiwa yang bersih lancar rizkinya, amin

    Selaput Dara Buatan mengatakan...

    sukses selalu gan

    Vimax mengatakan...

    semoga allah memberikan kelancaran rizki bagi kita semua

    Pembesar Vital mengatakan...

    salam kenal gan semoga makin jaya

    Pelangsing Alami mengatakan...

    sip gan artikelnya sangat membantu, makasih

    Vimax Asli mengatakan...

    mohon ijin komengan, makasih infonya

    Joisetrick mengatakan...

    Thanks gan, maju terus bikin artikel yang bermanfaat.

    obat alami tuli mendadak mengatakan...

    makasih informasinya sangat bermanfaat

    Anonim mengatakan...

    Sipp Lhaaaaa

    janga lupa berkunjung ya..

    http://artikelkata.blogspot.com/

    jual wallpapaer mengatakan...

    Memang sejak dahulu Rasullulah mencontoh kita untuk berwirausaha, mengapa sekarang kita jarang yang mengikutinya y

    keripik mak irit mengatakan...

    semngat berusaha...rasul menganjurkan kita berdagang...bismillah

    Bubble Wrap Los Angeles mengatakan...

    sip gan artikelnya sangat membantu, makasih

    Sedot WC Surabaya Utara mengatakan...

    Mantaaaap Sob,
    untuk memulai sebuah usaha Do'a juga jangan lupa,,,

    Sedot WC Surabaya Timur mengatakan...

    makasih udah berbagi Mas,
    Salam kenal and sukses aja,,,

    Sedot WC Surabaya Barat mengatakan...

    Thanks Gan,
    sangat berguna bunt semua.

    MalingKata | Kata Mutiara mengatakan...

    Infonya sangat bermanfaat gan,,thanks ya atas sharenya,,,

    Berwawasan mengatakan...

    Kayaknya saya udh pernah mampir di blog ini deh. Hmmm

    sumur bor mengatakan...

    berbisnis atau berwirausaha adalah kegiatan yang diminati setiap orang. dikarekanan lebih mudah dan tidak kenal waktu.

    sang pencerah mengatakan...

    buat para calon pengusaha muda, ayo semangat !!!!!
    hehe,,,,,,,

    Cara Pemesanan Ace Maxs mengatakan...

    info yang memberikan motivasi agar kita jadi lebih baik lagi

    Pengobatan Penyakit Jantung Koroner mengatakan...

    untuk berwirausaha mentalnya harus mental baja .....

    Cara Pemesanan Jelly Gamat Gold-G mengatakan...

    pasti banyak rintanganya ....

    Obat Tradisional Batu Ginjal mengatakan...

    buat kaum muda semangatterus dan jadi wirausaha yang sukses

    Obat Tradisional Demam Berdarah mengatakan...

    sukses terus buat wirausahawan indonesia

    Obat Tradisional Hepatitis C mengatakan...

    kayanya di indonesia masih kurang wirausahawanya...

    Obat Tradisional Jerawat mengatakan...

    info yang penuh motivasi

    Obat Tradisional Kista Ovarium mengatakan...

    maju terus buat wirausahawan indonesia

    Obat Tradisional Maag Kronis mengatakan...

    jadi punya keinginan buat wirausaha nantinya ...

    Obat Tradisional Luka Bakar mengatakan...

    kalau udah jadi wirausaha di muka muda pasti nantin pas hari tua menyenagkan.....

    Obat Tradisional Mioma Uteri mengatakan...

    bersusah susah dahulu bersenang-senang kemudian

    Obat Tradisional Kolesterol Tinggi mengatakan...

    kalau kita menjalankan sunah nabi pasti akan tentram di dunia juga di akhirat

    Obat Tradisional Asma mengatakan...

    kunci sukses kita di dunia dan akhirat adalah dengan menjalankan sunah nabi

    Mad Elektro mengatakan...

    berwirausaha adalah kegiatan yang sangat baik tentunya. tapi semua pasti ada aturannya, apalagi di agama islam semua sudah diatur. saya akui, keinginan berwirausaha itu muncul, tapi sangat sulit untuk membangkitkannya secara lebih. terima kasih infonya dari saudara. semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Wassalam

    Obat Tradisional Lupus mengatakan...

    maksih sudah berbagi

    Obat Tradisional Nyeri Sendi mengatakan...

    buat yang masih muda saatnya untuk berjuang buat bekal di dunia dan akhirat pastinya

    Pengobatan Penyakit Jantung Koroner Secara Alami mengatakan...

    Kunjungan pagi

    Obat Tradisional Radang Telinga mengatakan...

    salam kenal semuanya

    Obat Tradisional Sinusitis mengatakan...

    sebagai umat muslim yang baik kita di anjurkan untuk usaha dan jangan lupa berdoa .itulah kunci sukses..

    Obat Tradisional Thalasemia mengatakan...

    artikel yang mendidik...

    Obat Tradisional Tumor Lambung mengatakan...

    makasih atas share nya

    Obat Tradisional Tumor Rahang mengatakan...

    maksih telah berbagi

    Penyakit Polip Hidung dan Pengobatannya mengatakan...

    ayo semangat,bangun jiwa untuk berwira usaha..:)

    obat kista ginjal mengatakan...


    makasih informasinya sangat bermanfaat

    Biolo wsc penurun berat badan 11 mengatakan...

    yuk berWIRAUSAHA

    Kapsul pelangsing aman mengatakan...

    terimakasih telah berbagi

    Jamu pelangsing badan cepat mengatakan...

    mantap sekali informasinya

    Agen obat pelangsing jakarta mengatakan...

    keren sekali gan

    OBAT TRADISIONAL mengatakan...

    mantap gan

    Obat pengecil perut cepat mengatakan...

    pengen jadi wirausaahaan sukses

    Obat pelangsing badan mengatakan...

    keren bngt

    Obat pelangsing badan cepat 11 mengatakan...

    infonya luar baisa

    download game mengatakan...

    paling enak emang punya usaha sendiri

    usaha sampingan mengatakan...

    Makasih gan atas kesiaan blog do follownya

    Lirik dan Kunci Gitar JKT48 mengatakan...

    Wirausaha yang halal, bisa menjadi berkah bagi sesama.. :D

    Sistem Pemerintahan Indonesia mengatakan...

    tips yang berguna... terima kasih

    Kata-kata Cinta mengatakan...

    Sangat bermanfaat bro,, thanks tipsnya

    obat stroke mengatakan...

    terimakasih nih sobat atas infonya,,,

    obat kista ginjal mengatakan...

    bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    Pusat Agen Judi Online mengatakan...

    kunjungan baliknya News-Bola.Com.

    Bwin368 - Promo Agen Judi Terbaik mengatakan...

    terima kasih atas informasinya Gay :*

    atas gue homo

    dan jangan lupa visit yaa , ForumDewa.Com :) makasih beb

    obat herbal diabetes mengatakan...

    artikelnya sangat mendidik banget gan

    Obat Kista mengatakan...

    Informasinya boleh banget nih.
    di tunggu ya updatean terbarunya,,

    Obat TBC mengatakan...

    Informasinya sangat bermanfaat sekali, terimakasih

    Obat TBC mengatakan...

    Informasinya sangat bermanfaat sekali, terimakasih

    obat herbal darah tinggi mengatakan...

    Artikel seperti ini yang saya cari, ketika semangat mengendur, setelah membacanya jadi semangat lagi dalam berusaha, terima kasih gan..

    obat kanker payudara mengatakan...

    terimakasih atas informasinya yang menarik

    usaha sampingan mengatakan...

    Salam sukses selalau gan

    ace maxs mengatakan...

    informasinya menarik, thank's yah gan...

    cara mengobati penyakit jantung mengatakan...

    jadi pembelajaran ni, terimakasih banyak

    manfaat buah sayur mengatakan...

    informasi yang menarik, menjadi seorang pengusaha memang tidak seperti membalikan telapak tangan

    obat kanker payudara mengatakan...

    alisnurhasanah29@yahoo.co.id

    obat kanker payudara mengatakan...

    informasi ayng menarik dan menambah wawasan, terimakasih

    fahmy mengatakan...

    Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so much, However I am experiencing issues with your RSS. I don’t understand the reason why I cannot join it. Is there anyone else getting identical RSS issues? Anyone who knows the answer can you kindly respond? Thanks!!

    KertasInfo.Net | SEO Trik | DuniaTips | Tutorial mengatakan...

    Makasih sudh mau berbagi sob salam kenal n persahabatan juga

    obatttt mengatakan...

    makasih gan infonya, sgt bermanfaat sekali. sukses selalu ya ;)

    Informasi Teknologi mengatakan...

    sangat menginspirasi dan membuat tambah semangat mencari rizki yang halal nih...!!tq

    obat stroke mengatakan...


    informasi ayng menarik dan menambah wawasan, terimakasih gan

    Cara Pemesanan Jelly Gamat Gold-G mengatakan...

    oh gitu ya.....

    Obat Tradisional Tumor Rahang mengatakan...

    info yang menarik

    Obat Tradisional Tumor Lambung mengatakan...

    sangat menginspirasi

    Obat Tradisional Sinusitis mengatakan...

    pengen jadi wirausaha yang sukses

    trica jus mengatakan...

    informasinya sangat menarik, makasih dan salam bloggers

    Obat Tradisional Radang Telinga mengatakan...

    suatu saat nanti pengen jadi wirausaha sukses.amin

    Abed Saragih mengatakan...

    Saya sendiri mudahan bisa membangun jiwa wirausahawan.

    Berita Togel mengatakan...

    Kata-kata motivasi yang bagus.

    Bubble Wrap Los Angeles mengatakan...

    Makasih sudh mau berbagi sob salam kenal n persahabatan juga

    alat pembesar penis mengatakan...

    thanks infonya....

    obat peninggi badan mengatakan...

    makasih atas infonya gan...

    Posoke mengatakan...

    artikelnya sangat bermanfaat :D

    Paket Wisata Pulau Tidung mengatakan...

    Ingin sukses memang harus di mulai dari diri sendiri. Kami juga ingin memberikan Paket Wisata Pulau Tidung dengan rasa nyaman.

    Wisata Pulau Tidung mengatakan...

    Setiap usaha harus di barengi dengan doa.

    abil mengatakan...

    wah berita yg menarik nih ^^
    salam sukses yah ^^

    obat keputihan mengatakan...

    info yang bagus mas

    obat ambeien mengatakan...

    info yang bagus dan menarik

    alat bantu seks pria mengatakan...

    awesome artikel.. iseng2 buka google nemu beginian,, mantab :)

    AMC MITRA SUPER OCTAN mengatakan...

    Salam SUkses

    obat ace maxs mengatakan...

    info yang bagus

    obat sakit maag mengatakan...

    info yang bagus dan menarik gan

    obat alami varises ibu hamil mengatakan...

    bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    obat hepatitis mengatakan...

    salam kenal gan

    Kosmetik aman mengatakan...

    tetap semangat berwirausaha.

    agentasdotcom mengatakan...

    mantab informasinya

    Cerita Maya mengatakan...

    selamat malam, terimakasih informasinya..

    obat peninggi badan mengatakan...

    thank atas infonya....

    model baju batik mengatakan...

    artikelnya oke mas,, berwira usaha banyak jalannya. semoga kita termasuk dalam katagory pencari rezeki yang halal. apalagi dalam konteks dunia maya. banyak sekali teman-teman diluar sana yang tergoda untuk melakukan praktek yang kurang terpuji dan merugikan orang lain. salam

    Jasa SEO Profesional mengatakan...

    artikelnya oke mas,, berwira usaha banyak jalannya. semoga kita termasuk dalam katagory pencari rezeki yang halal. apalagi dalam konteks dunia maya. banyak sekali teman-teman diluar sana yang tergoda untuk melakukan praktek yang kurang terpuji dan merugikan orang lain. salam

    Jasa SEO mengatakan...

    sebagai Umat muslim juga harus berdoa dan terus berdoa juga agar rizki kita dimudahkan oleh ALLAH SWT

    Info Malam mengatakan...

    selamat malam

    Jasa Seo Indonesia mengatakan...

    selamat malam, terimakasih informasinya..

    Jasa SEO Terbaik mengatakan...

    mantab informasinya

    Jasa seo Murah mengatakan...

    thank atas infonya

    obat maag kronis mengatakan...

    salam kenal gan san semoga sukses

    jelly gamat gold g mengatakan...

    info yang bagus dan menarik

    obat hepatitis b mengatakan...

    salam kenal mas bro

    obat nyeri sendi mengatakan...

    salam kenal gan dan kami ucapakan terimakasih

    obat sinusitis mengatakan...

    info yang bagus dan menarik

    obat jantung bocor mengatakan...

    blogwalking siang mas

    obat miom mengatakan...

    blogwalking sore hari sobat

    obat peninggi badan mengatakan...

    makasih atas infonya gan..

    obat tbc mengatakan...

    terimakasih informasinya

    Informasi Pendaftaran CPNS 2013 mengatakan...

    berwiraswasta butuh semangat dan jiwa yang tidak sedikit untuk sebuah kesuksesan,.....mampir juga disini gan

    Informasi Pendaftaran CPNS 2013
    Informasi Pendaftaran CPNS 2013
    Informasi Pendaftaran CPNS 2013

    gosip malam mengatakan...

    artikel Membangun Jiwa dan Semangat Wirausaha sangat bermanfaat!

    Agen Bola mengatakan...

    Wah infonya sangat bermanfaat nih, salam kenal gan, semoga sukses selalu

    INFO BOLA - PREDIKSI BOLA - SKOR BOLA DAN AGEN TARUHAN BOLA TERPERCAYA !!!

    Posting Komentar

    Silahkan komentar, DOFOLLOW nih...
    Pakai Name dan URL lebih baik dan sangat DIANJURKAN

    Selamat datang ke Blog ini, silahkan tinggalkan komentar...